PPAB dan LKO UKSU-ITB

PPAB dan LKO merupakan program kaderisasi di UKSU-ITB pada tahun 2016. Kedua kegiatan ini saling berkaitan satu sama lain, dimana LKO merupakan kaderisasi lanjutan dari kegiatan PPAB.

1. PPAB (Program Pembinaan Anggota Baru) UKSU-ITB

PPAB adalah program kerja wajib di UKSU-ITB yang bertujuan untuk melakukan regenerasi anggota dan kaderisasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan keanggotaan UKSU-ITB. PPAB ini dapat dikatkan pintu gerbang untuk memasuki UKSU-ITB. Selama PPAB, calon-calon UKSU-ITB diajarkan dari yang tidak tahu apa-apa menjadi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Badan Pengurus. Dalam PPAB diajarkan kekeluargaan, organisasi, dan kesenian. PPAB sendiri lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. PPAB pada tahun 2016 berakhir pada bulan Juni dan melantik 69 orang anggota baru UKSU-ITB 2015.

2. LKO (Latihan Kepemimpinan dan Organisasi) UKSU-ITB

LKO merupakan program lanjutan dari PPAB (Program Pembinaan Anggota Baru) UKSU-ITB. LKO ini adalah langkah untuk mempersiapkan anggota-anggota baru yang telah diterima agar siap dalam menjalankan kepanitiaan di UKSU-ITB maupun menjalankan organisasi UKSU-ITB nantinya.

Anggota LKO sendiri adalah minimal 70% dari anggota yang baru masuk, dengan waktu pelaksanaan LKO yaitu saat anggota baru belum memegang jabatan di UKSU-ITB. Tempat pelaksanaan LKO tentatif tergantung keputusan panitia. Pada LKO 2016, kegiatan diadakan di GMKI Dago. Metode yang digunakan biasanya presentasi, games, dan pengaplikasiannya. Melalui LKO diajarkan mengenai kepanitiaan, cara membagi waktu, visi misi hidup, dan cara pembagian SDM.

Comments are closed.