November 8, 2016

Menginjak usia yang ke – 38, UKSU – ITB siap mempersembahkan Harmoni Nada Sumatera Utara

Unit Kesenian Sumatera Utara – Institut Teknologi Bandung (UKSU ITB), sebagai wadah berkumpulnya mahasiswa/i ITB yang memiliki jiwa dan semangat mengembangkan budaya lokal Sumatera Utara turut terlibat dalam proses pengenalan dan pelestarian eksistensi budaya di Sumatera Utara khususnya budaya dari 7 etnis yang diakui UKSU-ITB.

Dengan jargon “Harmoni Nada Sumatera Utara”, UKSU ITB siap menyelenggarakan salah satu event terbesarnya yang merupakan bagian dari pesta syukuran ulang tahun UKSU ITB ke-38. Dies Natalis 38 UKSU ITB ini akan diadakan pada tanggal 26 s.d.27 November 2016 yang kenyataannya UKSU ITB akan berulang tahun pada 23 Desember mendatang.

Dies Natalis UKSU ITB 38

Rangkaian acara Dies Natalis ini akan dimulai dengan mengadakan pameran dari ke-7 etnis Sumatera Utara (Batak Toba, Simalungun, Pakpak, Karo, Mandailing, Nias, dan Melayu) pada Sabtu, 26 November 2016 mulai pukul 09.00 WIB di Lapangan CC Timur ITB.

Selain keunikan dari objek-objek pameran, pengunjung pameran diperbolehkan untuk mendapat coaching clinic langsung dari musisi profesional sekaligus seniman muda batak, Martahan Sitohang untuk memainkan alat-alat musik dari Sumatera Utara. Pakaian-pakaian adat, ukiran-ukiran, alat musik, hingga makanan khas dari 7 etnis tersebut akan disuguhkan kepada setiap pengunjung pameran dan satu hal yang terpenting dari pameran ini adalah untuk menikmatinya sama sekali tidak dipungut biaya.

Pada hari yang sama, UKSU ITB akan melanjutkan perayaan Dies Natalis-nya lewat acara reuni akbar UKSU ITB dengan segenap massa alumni UKSU ITB. Acara reuni akbar ini lebih bersifat tertutup karena hanya melibatkan pihak UKSU ITB dan alumni-alumninya. Semua alumni UKSU ITB diundang untuk terlibat dan hadir dalam kegiatan reuni akbar yang akan dimulai pukul 17.00 WIB di Aula Sipil ITB.

Puncak dari perayaan ini adalah Pagelaran yang mengusung tema “The Hidden Treasure of North Sumatra”. Mulai pukul 17.30 WIB di Teater Tertutup Dago Tea House, Bandung, pagelaran ini akan diisi oleh drama dari UKSU ITB yang didalamnya terangkai penampilan seperti tarian daerah, lagu daerah, dan beberapa kebudayaan yang menarik dari Sumatera Utara.

Bukan hanya penampilan dari UKSU ITB, pagelaran ini juga menghadirkan 2 orang musisi asli Sumatera Utara, Alsant Nababan (penyanyi ‘Aut Boi Nian’ film Toba Dream) dan Martahan Sitohang. Keduanya siap untuk meramaikan acara puncak pagelaran ini lewat keahliannya bermain musik dan suara merdunya.

Acara ini mendapat sponsor dan dukungan positif dari berbagai pihak. Sponsor acara ini berasal dari perkumpulan Horas Halak Hita, U B E R, Gaja Toba, PT. Kombat Global Mandiri, dan Pappub. Selain itu rumah makan Lontong Medan, Warung Pasta, I P P O Fried Chicken, Batak Kaos Etnic, Cok Ko Tengok, YPDT (Yayasan Pencinta Danau Toba), Batikta, Tirta Anugrah juga turut mendukung perayaan ini.

Dalam publikasi acara tersebut UKSU-ITB bekerja sama dengan berbagai media seperti Kompas, Sorot Daerah, beritaseharian.com, bataktoday.com, haievent.com, adaacara.com, Batak_.com, hidupbatak.com, infokampus, radio 8EH ITB, radio kampus ITB, radio Mora Bandung, radio Sonora, Raka, seputarevent, hingga Liga Film Mahasiswa ITB.

Untuk menyaksikan pagelaran, dibuka kesempatan bagi peminat dengan memesan tiket langsung pada stand tiket di Boulevard ITB, Jl. Ganesha 10, Bandung mulai Senin, 7 November 2016 atau peminat boleh juga melakukan reservasi secara online lewat link bit.ly/saletiketpagelaranuksuitb. Adapun jenis tiket dan harga yang ditawarkan pada pagelaran ini yaitu Gold Type (Rp 85000), Silver Type (Rp 60000), dan Bronze Type (Rp 35000) dengan benefit yang berbeda-beda tiap jenis nya.

1478604839816

Info lebih lanjut boleh diakses melalui contact person tickets and event enquiry, Reagent (085218641614), dan Mike (081321766201) atau boleh juga melalui media sosial acara tersebut pada

Line : @lcq1399b
Facebook : DIESNATALISUKSU38
Instagram : diesnatalisuksu38
Twitter : @UKSU_ITB

LINK PEMESANAN TIKET :

bit.ly/saletiketpagelaranuksuitb

Horas, Ahoi, Mejuah-juah,Njuah-njuah, Ya’Ahowu !